Tergolong ibadah sunnah, berikut 10 keutamaan umrah dan penjelasannya

Keutamaan Umrah - Masyarakat pasti memiliki kewajiban dalam agama tertentu. Seperti halnya umat Islam, ada kewajiban tertentu yang harus dipenuhi, salah satunya adalah haji. Namun, penyelesaian haji dibatasi oleh waktu, materi, dan kebijaksanaan jumlah jamaah yang dapat menunaikannya kapan saja, sehingga banyak umat Islam yang belum melakukannya.

Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih menunaikan ibadah haji yang dianggap sebagai agama sunnah. Meski tergolong sunnah, ada beberapa keutamaan umrah yang sangat baik untuk diamalkan. Apa manfaat umroh? Inilah penjelasannya.

Keutamaan Ibadah Umrah.


1. Penghapusan dosa

Tugas pertama umrah adalah menghapus dosa. Jika seseorang yang melakukan umrah sebelum melakukan umrah pada tahun berikutnya, dosa-dosanya akan dihapus di antara dua umrah.

2. Memperoleh ketenangan

Dengan melaksanakan ibadah haji, hati menjadi tenang dan hidup menjadi lebih damai. Keutamaan umrah ini memberikan semacam kekayaan hati, membuatnya sabar dan meningkatkan keimanan siapa pun yang melakukannya.

3. Memperoleh pahala shalat yang berlipat ganda

Mengumpulkan pahala shalat memang agak sulit. Pada umumnya, jika shalat berjamaah hanya memiliki 1 derajat dan 27 derajat, maka pahala shalat umrah menjadi dua kali lipat. Manfaat umroh adalah 1000 hingga 100.000 kali lipat pahala sholat selama umrah lho di atas. Dapatkah Anda membayangkan keutamaan hidup yang luar biasa dalam kasus ini?

4. Peningkatan Iman dan Taqwa

Ciri lain umrah adalah tumbuhnya iman dan takwa. Dengan menunaikan ibadah haji umrah, berarti ia meningkatkan keimanan dan ketakwaannya guna memperbaiki baik ibadah maupun akhlaknya.

5 Jihad Lingkungan Bagi Wanita

Sebagaimana diketahui, Jihad adalah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan yang besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah Surga. Di masa lalu, Jihad adalah tentang berpartisipasi dalam perang untuk membela Islam, dan wanita dilarang berpartisipasi dalam perang karena kelemahan fisik mereka. Sehingga Allah menawarkan perempuan alternatif selain Jihad dengan menunaikan ibadah haji.

6. Doa terkabul

Keutamaan umrah lainnya adalah terkabulnya doa. Orang yang melakukan umrah adalah tamu Allah, sehingga mereka memiliki hak istimewa untuk menjawab semua doa mereka. Disebutkan dalam hadits yang mulia bahwa barang siapa yang meminta ampunan kepada Allah pasti akan dikabulkan.

7. Mendapat keberkahan

Ibadah umrah dapat mendatangkan keberkahan bagi yang melakukannya. Jika ibadah umrah dilakukan dengan hati yang suci dan dengan kerendahan hati, maka bisa menjadi ibadah yang sah atau diterima. Jika layanan umrah diterima, hidup akan diberkati dan lebih baik.

8. Surga Yang Dijanjikan

Sebagaimana telah disebutkan, umrah bisa menjadi sulit bagi seorang wanita dan bagi yang lemah. Barangsiapa yang menyelesaikan umrah dengan hati yang tulus dan mengikuti aturan dengan benar, dia akan menerima pahala yang besar dan akan menemukan pahala surga.

9 Mencegah Kemiskinan

Setiap orang ingin hidup layak dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umrah yaitu menjauhkan setiap orang yang menunaikan umrah dari kemiskinan dan kebutuhan. Disebutkan dalam hadits yang mulia bahwa siapa pun yang melakukan umrah akan dibersihkan dari kemiskinan dan dosa.

10. Jika meninggal dunia saat umrah, maka pahalanya dicatat sampai hari kiamat.

Terakhir, jika dia meninggal saat umrah, maka pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Keutamaan umrah dapat diberikan ketika seseorang memiliki ketaqwaan dan menjalankan manasik dan rukun umrah dengan benar. Meski mungkin tidak semua rukun umrah tercapai, namun Allah menjanjikan pahala.

Artikel Lainnya