Masjidil Haram Sediakan Kendaraan dan Ruang Salat Khusus bagi Jemaah Lansia


Arab Saudi telah memperluas jangkauan layanan di Masjidil Haram di Makkah. Secara khusus layanan ini ditujukan untuk menyediakan kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih baik bagi jemaah lansia.

Melansir Saudi Press Agency (05/10) Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menerapkan berbagai layanan untuk memastikan lingkungan yang aman, nyaman dan mudah diakses bagi para lansia sehingga mereka dapat menjalankan ibadah dengan mudah.


Layanan ini merupakan bagian dari komitmen otoritas yang lebih luas untuk menyediakan perawatan dan kemudahan yang komprehensif bagi para pengunjung lansia di Masjidil Haram.


Salah satu inisiatif utama adalah penyediaan layanan antar-jemput kendaraan listrik yang tersedia di alun-alun Timur untuk mengangkut para lansia dari Jembatan Gaza ke ruang bawah tanah Al-Salam.


Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga mengalokasikan kendaraan listrik untuk membantu para lansia melaksanakan Sa'i (berjalan dari Safa dan Marwah). Kendaraan ini ditempatkan di beberapa lokasi, termasuk tangga dan lift Al-Marwah, tangga dan lift Al-Arqam dan tangga Al-Qarara.


Masjidil Haram juga sudah dilengkapi dengan ruang salat yang dirancang khusus untuk para lansia dan penyandang disabilitas. Ruang-ruang ini terletak di perluasan King Fahd di lantai pertama dekat pintu 91 dan 64. Selain itu, ada juga di pintu 68 dan 90.


Jembatan dan lift termasuk jembatan Ajyad, Al-Shabika, Al-Arqam dan Al-Marwah serta lift Al-Arqam dan ruang bawah tanah Al-Salam memang telah dipersiapkan untuk memperlancar pergerakan kendaraan ke dalam masjid.


Langkah-langkah ini secara kolektif berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang ramah, memastikan bahwa para jemaah lanjut usia dapat melaksanakan kewajiban keagamaan mereka tanpa menghadapi kesulitan.

Artikel Lainnya